Pengikut

Cara bikin ebook format pdf

17 Des 2009

Secara ringkasnya begini:

1. Siapkan naskah atao konsepnya di program pengolah kata , Microsoft Word, Abi Word, OpenOffice Writer,

2. Silahkan anda convert dari format doc menjadi format pdf menggunakan program “PDF Creator” yang bisa anda download di www.pdfforge.org (gratis).

Tiga program lain yang bisa digunakan untuk membuat file PDF adalah:

• PDF Converter Pro.

• OfficeReady Pro.

• Solid Converter PDF.

Harga software diatas sekitar $100. Sedangkan harga Adobe Acrobat Professional lebih dari $400.

Ada juga software pembuat file PDF yang bisa didapatkan secara gratis di internet. Lima program diantaranya adalah:

• Primo PDF.

• PDF995.

• CutePDF.DocuDesk.

• PDFill.

Setelah anda memilih dan menginstall program ke computer, langkah selanjutnya adalah mengubah file MS Word ke file PDF. Sebagai contoh anda menggunakan program CutePDF.

Setelah menginstal PDF Creator maka akan muncul printer virtual dengan nama yang sama “PDFcreator” setiap kali anda ingin mem-print hasil ketikan anda di Word.

Nah, konsep e-book yang sudah anda ketik bisa anda jadikan e-book dengan cara mem-print menggunakan printer virtual tersebut. File anda tidak akan tercetak seperti halnya jika anda memprint menggunakan printer sungguhan. Tetapi hasil print anda akan tersimpan dalam bentuk file baru dengan ekstensi .pdf (dot pdf).

Program lain untuk membuat file PDF adalah denganprogram pdf tool, silahkan download di

http://www.docu-track.com/

caranya sebagai berikut :

1.
Jalankan program Office 2 PDF. Pilih tipe dokumen yang akan dibuat menjadi file PDF. Ada tiga tipe yang dapat Anda pilih, yaiu dokumen Word, Excel dan IE.
2.
Klik tombol Add (pada List Operations) dan masukkan file yang akan dibuat menjadi file PDF. Jika Anda ingin membuat banyak file PDF dari banyak file yang terletak pada satu folder, Anda dapat mengklik tombol Folder. Beberapa option lain adalah :
* Folder For result Files(s), folder yang digunakan untuk menyimpan file PDF
* Run Default Application For PDF Files After Printing, jika Anda memilih option ini (dengan memberi tanda check) maka setelah proses konversi file selesai maka file tersebut akan dibuka dengan aplikasi yang digunakan untuk membaca file PDF (salah satunya program Acrobat Reader).
* Save Result to Same Folder, jika Anda memilih option ini maka file PDF akan disimpan pada folder yang sama dengan file sumbernya (file yang akan dikonversi).

Ada satu lagi, yaitu dengan menginstal pdf frinter. Apabila kamu sudah bikin naskahnya klik aja tombol print, disitu ada pilihan pdf printer.

Semoga bermanfaat

SELAMAT MENCOBA!!!

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP